Jumat, 27 Januari 2017



Selamat datang di Blog "Dunia Pendidikan"

Blog ini berguna sebagai sumber belajar siswa, disamping siswa mendapatkan ilmu pengetahuan di sekolah, siswa juga dapat menambah informasi melalui blog ini. 
Blog ini tercipta karena adanya kemajuan dibidang IT. Diharapkan pembelajaran melalui media blog ini bisa menumbuhkan minat dan motivasi siswa dalam belajar.

Blog ini salah satunya memuat tentang materi pelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar dengan kurikulum KTSP dan Standar Kompetensi serta Kompetensi Dasar sebagai berikut :
A.           Standar Kompetensi
4. Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup
B.            Kompetensi dasar
4.1 Mendeskripsikan daur hidup hewan di lingkungan sekitar misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu dan kucing

Materi 
Daur Hidup Hewan
A.  Daur Hidup Hewan Tanpa Metamorfosis
      1. Daur hidup Ayam
      2. Daur Hidup Kucing
      3. Daur Hidup Kanguru 
B. Daur Hidup Hewan Dengan Metamorfosis
     1. Daur hidup Kupu-kupu
     2. Dau Hidup Katak
     3. Daur Hidup Nyamuk
     4. daur Hidup Kecoak 

DAUR HIDUP HEWAN

Daur hidup hewan adalah perubahan yang dialami oleh makhluk hidup selama hidupnya. Pernahkah kamu memperhatikan perkembangbiakan yang terjadi pada hewan-hewan peliharaanmu atau hewan disekitarmu? Seperti ayam, bebek, dan kucing. Bagaimana cara mereka berkembangbiak? Tentunya berbeda. Pada ayam dan bebek bertelur sedangkan kucing beranak. Coba kamu amati pada anak ayam yang baru menetas dengan anak kucing yang baru dilahirkan. Tentunya anak ayam dan kucing tersebut mirip dengan induknya hanya saja terkadang warna bulu atau rambutnya saja yang berbeda. Hal seperti ini disebut dengan daur hidup tanpa metamorfosis.
Sedangkan hewan yang mengalami metamorfosis yaitu katak. Kenapa katak? Karena rupa katak yang baru menetas sangat berbeda dengan induknya. Pernahkah kamu melihatnya? Tentunya pernah donk. Bentuk anak katak tersebut seperti ikan teri yang disebut dengan kecebong. Katak tersebut mengalami perubahan menjadi katak dewasa. Perubahan bentuk yang berbeda tersebutlah yang disebut dengan metamorfosis.
Untuk lebih jelasnya, pahami yuk daur hidup hewan tanpa metamorfosis dengan metamorfosis.
A.           Daur hidup hewan tanpa metamorfosis.
Daur hidup hewan tanpa metamorfosis adalah tahap perubahan pada makhluk hidup tanpa mengalami perubahan bentuk dalam hidupnya. Berikut adalah beberapa contoh daur hidup hewan tanpa metamorfosis.
1.         Daur hidup ayam.
            Seperti telah dikatakan diatas bahwa, ayam berkembangbiak dengan cara bertelur. Setelah bertelur, telur tersebut dierami selama kurang lebih 21 hari agar dapat menetas. Setelah menetas telur menjadi anak ayam dengan bulu-bulu halus ditubuhnya. Lama kelamaan, anak ayam tersebut tumbuh besar dan bulu-bulu halusnyapun berubah menjadi banyak, tebal sama seperti induknya. Setelah dewasa hewan berkembang biak menghasilkan telur. Nah dari telur inilah daur hidup ayam dimulai.
 Berikut ini adalah sebuah video tentang perkembangan embrio di dalam telur ayam.

2. Daur hidup kucing.
            Kucing berkembang biak dengan cara melahirkan. Sebelum melahirkan kucing mengalami masa kehamilan selama 3 bulan. Setelah 3 bulan baru kucing tersebut melahirkan anak kucing yang lucu yang sama seperti induknya. Anak kucing yang baru dilahirkan belum bisa makan sendiri hanya dapat menyusui. Setelah lebih dari satu bulan barulah anak kucing tersebut bisa memakan makanan yang lain. Anak kucing hingga dewasa tidak mengalami perubahan bentuk. Hanya saja bertambah besar, gerakannyapun sangat lincah sudah bisa memanjat dan melompat dengan tinggi.

3. Daur Hidup Kanguru
            Kanguru berkembang biak dengan cara beranak.Kanguru dapat kita jumpai di benua Australia dan Papua (Irian Jaya). Sama halnya dengan kucing, kanguru juga mengandung. Hanya saja kanguru mengandung kira-kira hanya 1 bulan. Anak kanguru lahir sangat kecil dan lemah. Begitu keluar dari tubuh induknya anak kanguru merambat perlahan ke kantong induknya yang ada di depan perut. Di kantong tersebut anak kanguru menyusu sampai berbulan-bulan.setelah cukup besar barulah anak kanguru keluar dari tubuh induknya.
 

Lokasi: Gorontalo, Gorontalo City, Gorontalo, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar